Ikuti Cara Membuat WordPress dengan Mudah Berikut

Ilmuwordpress.com – Saat ini di internet sudah banyak tutorial cara membuat wordpress dengan cepat. Cukup mengetik di google, akan muncul banyak website yang menyediakan tutorialnya. Untuk tata caranya bisa mudah Anda simak.

Wordpres pada awalnya merupakan platform yang berguna untuk membuat blog. Seiring dengan perkembangan zaman, dapat juga bermanfaat untuk membuat website. Hal ini tidak lepas dari bertambahnya fitur yang ada.

Wordpres sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu: wordpress.com dan wordpress.org. Untuk perbedaannya sendiri wordpress.com tidak berbayar sedangkan wordpress.org berbayar. Tentu saja fasilitas yang ada pada wordpress.org lebih beragam bagi penggunanya.

Sebelum memilih jenis mana yang akan kalian gunakan sebaiknya perhatikan dulu tujuan kalian. Jika tujuan kalian hanya untuk sekedar berbagi kami sarankan menggunakan wordpress.com. Namun, untuk kebutuhan profesional gunakan WordPress.org.

Sebelumnya tentukan dulu isi yang kalian pilih. Untuk saat ini sudah banyak sekali jenis konten di wordpres. Mulai dari isi mengenai berita, tutorial memasak, perkembangan teknologi bahkan sampai cara merawat hewan.

Cara Membuat WordPress dengan Mudah dan Gratis

Kami akan menjelaskan cara membuat wordpress di wordpress.com agar mendapatkan domain secara gratis. Langkah pertama adalah ketik situs www.WordPress.com pada kolom pencarian lalu tekan enter. Setelah masuk lalu isi form pada halaman awal.

Ketika kalian mengisi form pada bagian email pastikan menggunakan alamat email yang aktif. Email ini nantinya akan di gunakan untuk melakukan konfirmasi. Anda dapat menggunakan alamat email google maupun microsoft.

Setelah itu masukkan username pada kolom form pendaftaran. Sesuaikan username dengan nama yang mudah Anda ingat dan pastikan belum pernah di gunakan oleh pihak lain. Usahakan menggunakan nama – nama unik.

Berikutnya Anda akan di arahkan untuk mengisi kolom password. Isilah kolom password menggunakan gabungan huruf besar, huruf kecil, angka dan simbol. Pastikan password yang Anda masukkan benar serta mudah mengingatnya.

Selanjutnya Anda dapat menentukan nama dari situs masing masing. Nama ini nantinya di pakai untuk mengunjungi situs kalian. Pastikan nama website mudah untuk mengingatnya serta belum ada orang lain menggunakannya.

Nama situs yang Anda ketik di kolom Alamat akan berwarna merah ketika situs tersebut sudah dipakai orang lain. Sedangkan akan berwarna hijau jika nama tersebut belum di gunakan oleh orang lain.

Langkah Lanjutan Cara Membuat WordPress

Setelah kalian menyelesaikan informasi tadi, akan di arahkan untuk memilih paket dari website. Agar situs tidak berbayar pada halaman tersebut pilihlah “mulai dengan gratis”. Pastikan Anda benar-benar memilih apa yang kami sarankan.

Selanjutnya Anda menuju ke pengaturan calon situs yang digunakan. Pengaturan ini tidaklah sulit, cukup mengikuti arahan yang sudah ada. Lakukan pengaturan dengan mengikuti 5 langkah sesuai panduan.

Pengaturan ini berhubungan mengenai judul situs, slogan situs, dan beranda. Masukkan judul situs dan slogan situs yang akan Anda tampilkan pada halaman awal. Lalu klik tombol simpan pengaturan setelah selesai.

Kemudian pengaturan pada beranda halaman awal website anda. Pengaturan ini dapat Anda lakukan dengan mudah, hanya mengikuti sesuai dengan prosedur. Setelah selesai editing pada bagian kiri pilih pengaturan lalu klik luncurkan situs.

Langkah terakhir Anda tinggal melakukan aktivasi email yang terhubung dengan situs wordpress anda. Pastikan alamat email tersebut sudah terhubung dengan domain dengan cara klik tombol konfirmasi seperti yang tersedia.

Jika kalian dapat mengikuti tata cara di atas maka kalian dapat membuat website dengan cepat dan mudah. Pastikan kalian benar-benar memahami cara membuat wordpress yang sudah kami sampaikan pada penjelasan di atas.

Gimana? Mudah bukan?. Jangan lupa isi komentar pengalaman pertama buat blog. “practice make perfect“. Sering-sering aja latihan. Lama-lama juga bisa kok. Mau latihan buat website wordpress.org pakai hosting? bisa kok, chat aja via telegram.

——————–

Jika ada kendala silahkan tinggalkan komentar dibawah ini atau bergabung di grup komunitas telegram Ilmuwordpress.com : t.me/ilmuwordpress

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *